
BSIP BERKARYA: Tingkatkan Kapasitas Satpam, Pramubakti, dan Pengemudi BPSI Tanah dan Pupuk
BSIP BERKARYA: Tingkatkan Kapasitas Satpam, Pramubakti, dan Pengemudi BPSI Tanah dan Pupuk melalui Pelatihan Pelayanan Prima
Pelayanan prima merupakan pendekatan yang menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama dalam setiap interaksi dengan konsumen. Pelayanan prima bukan hanya tentang memberikan layanan yang memadai namun juga bertujuan agar pelanggan atau masyarakat bisa mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan sehingga dapat membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan.
Dalam rangka mendukung pelayanan yang prima yang mewujudkan Zona Intergritas menuju WBK/WBBM maka pada hari Kamis, 12 Desember 2024 BPSI Tanah dan Pupuk mengadakan pelatihan penerapan pelayanan prima untuk Satpam, Pramubakti, dan Pengemudi yang bertempat di Ruang Rapat 2. Pelatihan yang disertai dengan kegiatan praktek ini dibuka secara langsung oleh Plt Kepala BPSI Tanah dan Pupuk Rima Purnamayani, SP, M. Si dan didampingi Kasubbag TU BPSI Tanah dan Pupuk Elasanti, SP. serta dihadiri oleh 42 peserta yang terdiri dari satpam, Pramubakti, dan Pengemudi. Dalam sambutannya Rima menyampaikan terkait pentingnya mewujudkan pelayanan prima baik dalam lingkup internal maupun eksterna. Diakhir pembukaannya Rima berpesan agar dalam melaksanakan tugas dilakukan dengan sepenuh hati sehingga bermanfaat dan pada akhirnya dapat berkontribusi dalam mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM di BPSI Tanah dan Pupuk.
Kegiatan pelatihan ini diisi dengan narasumber yang berasal dari PT Terra Perkasa Mandiri. Pada paparannya narasumber menyampaikan kepada para peserta hal-hal yang harus dimiliki dalam diri yaitu jujur, disiplin, iIkhlas dan bertanggungjawab. Adapun konsep dari pelayan prima didasari oleh konsep triple A yaitu attitude, attention dan action. Pelayanan harus berfikir positif dalam arti melayani pelanggan dengan baik, tidak memanfaatkan kelemahannya pelanggan.
Pada pelatihan ini satpam, pramubakti, dan pengemudi dilatih bagaimana cara menerima tamu/pelanggan, mengantar tamu dan menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman. Pada akhir paparan dan praktek berlaku diskusi interaktif antara narasumber dan para peserta. Melalui pelatihan ini, diharapkan BPSI Tanah dan Pupuk dapat lebih optimal lagi dalam melaksanakan pelayan prima sebagai salah satu Upaya mewujudkan zona intergritas menuju WBK/WBBM. (Els, Mtm, AFS)