PT. PUPUK KALTIM GANDENG BPSI TANAH & PUPUK UNTUK PENINGKATAN KUALITAS SDM MARKETING
SDM Marketing adalah ujung tombak pemasaran produk dari suatu perusahaan. PT. Pupuk Kaltim yang merupakan bagian dari PT. Pupuk Indonesia Holding Company adalah perusahaan yang bergerak di bidang unit usaha produksi pupuk. Produksi tidak akan berarti bila tidak dimbangi dengan pemasaran produk itu sendiri. Namun dalam memasarkankan produk pupuk tidak cukup hanya bermodalkan ilmu ekonomi dan komunikasi, namun diperlukan disiplin ilmu lain yang dapat menunjang kegiatan pemasaran produk pupuk, misalnya sebut saja ilmu tanah, agronomi dan fisiologi tumbuhan. SDM marketing yang menguasai ilmu-ilmu ini akan sangat memperlancar tugas-tugasnya di lapangan dan mampu menjelaskan terkait produk pupuk yang dipasarkan baik pengaruhnya terhadap tanaman maupun dampaknya terhadap kelestarian lingkungan sehingga memberikan daya tarik bagi konsumen untuk membeli produknya.
Guna meningkatkan kemampuan SDM Marketing di Departemen Marketing Business Partner Korporasi, maka PT. Pupuk Kaltim telah mengadakan pelatihan inhouse pada 11-13 Juli 2023 dengan mengundang narasumber yang kompeten dari BPSI Tanah dan Pupuk yaitu Dr. Adha Fatmah Siregar, MSc dan Ibrahim Adamy Sipahutar, SP., MSc. Adapaun materi yang disampaikan pada hari kedua pelatihan meliputi Dasar Ilmu Tanah, Pupuk dan Pemupukan, Fisiologi Tumbuhan dan Dasar Agronomi dan Hortikultura yang diikuti oleh sekitar 50 peserta. Pada kesempatan ini Ibrahim menyampaikan betapa pentingnya pemahaman dasar-dasar Ilmu tanah, Agronomi dan teknik budidaya tanaman bagi SDM Marketing, sehingga selain dapat memasarkan produknya, dengan bekal ilmu yang didapat selama training mereka juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan pengelolaan lahan dan teknik budidaya dari petani, pedagang dan praktisi pertanian yang mungkin muncul saat mereka turun ke lapangan. Demikan juga Adha yang menekankan pentingnya penerapan pemupukan berimbang dan pemahaman fisologi tumbuhan serta respon tanaman terhadap pemupukan akan menjadi modal bagi SDM Marketing dalam memasarkan produk pupuk. Acara training diikuti secara antusias oleh peserta. Hal ini ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta selama training berlangsung. Melalui kesempatan ini narasumber juga menyampaikan pentingnya penerapan standar terutama terkait pupuk sehinga pupuk yang diaplikasikan dapat meningkatkan produktivitas tanah dan tanaman.(IAS, AFS, Mtm, M.Is).